Jaringan Telkomsel Lemot di Android? Yuk Atasi Penyebabnya

Jaringan Telkomsel Lemot di Android? Yuk Atasi Penyebabnya
(Jaringan Telkomsel Lemot di Android)
Internet ente lemot gan? Ya, Begitulah... Padahal kita sudah membeli paket premium full koneksi. Namun santai dulu, gak cuma koneksi kita aja kok gan yang kaya gini tapi hampir seluruh pengguna indonesia merasakan hal yang serupa. Maka dari itu mari kita cari penyebab dan mencari solusi untuk mengatasinya :D

Belakangan ini memang sebagian besar pengguna Telkomsel merasakan hal yang tidak seperti biasanya khusus nya hari ini gan. Padahal ane gunain Telkomsel Flash, ane bener-bener terganggu karena menunda pekerjaan (curhat dikit :D ) Makanya sampe ane buat artikel khusus yang membahas tentang Kenapa Jaringan Telkomsel Lemot di Android. Ya karena ane pengguna ponsel jadi ane fokuskan ke Android saja.

Sebelumnya ane juga pernah pake layanan operator Indosat sebelah :D karena lelet makanya ane coba pindah ke provider ini. Tapi naas, network yang biasanya lancar entah kenapa tiba-tiba down :v ... Sebelumnya ane juga sudah pernah posting artikel yang hampir mirip namun tentang operator lain. Rangkuman tersebut merupakan rangkuman dari beberapa poin penting tentang alasan kenapa terjadi masalah seperti ini. Dan kesimpulannya memang belum tentu dipengaruhi oleh layanan operator yang sedang kita gunakan.

Jika ingin membacaranya silahkan kunjungi pada link Berikut :
Trik Indosat biar Anu hehe

Berikut Alasan Telkomsel Lemot

Sebelum kita membahas tentang cara untuk memperbaiki nya, sebaiknya kita simak terlebih dahulu kenapa masalah ini bisa terjadi pada Android kita. Berikut adalah poin-poin penting berdasarkan pengalaman sebelumnya :

1. Ketersediaan Dukungan Jaringan

Yang pertama harus dilakukan adalah memastikan ketersediaan layanan jaringan di Hp ente. Karena Android sekarang sudah memiliki banyak versi dari generasi ke generasi seperti 2G, 3G, 4G atau 5G dan sebagainya maka silahkan cek terlebih dahulu pada perangkat ente. .

Pastikan paket yang dibeli sesuai dengan ketersediaan perangkat yang ente punya, pastikan pula jaringan tersebut tersedia di daerah ente. Misal Ponsel 4G daerah ente mendukung 4G maka belilah paketan 4G. Namun jika daerah hanya mendukung 3G maka pilihlah 3G saja, walaupun biasanya mahal tetapi koneksi tetap berjalan.

Baca : Cara Melihat Wajah Kita di Masa Depan-Aplikasi Prediksi

2. Pengaturan Ponsel Belum Tepat

Pada pengaturan ponsel terdapat dua pilihan yang dapat digunakan. Yang pertama adalah pengaturan dalam mode otomatis dan yang kedua adalah mode manual. Mode otomatis pada umumnya sudah menjadi mode default (bawaan) dari vendor ponsel nya.

Mode otomatis ini dapat mengganti jaringan secara berkala dengan cara melakukan pencarian kemudian melakukan perhitungan untuk menentukan jaringan mana yang lebih prioritas. Namun perlu ente ketahui, proses ini dapat memakan waktu dan dapat menunda koneksi sehingga terlihat seolah-olah koneksi lemot.

Silahkan Beralih ke Moe manual untuk menghindari penggantian secara otomatis, sehingga ponsel akan fokus pada satu jaringan saja.

Baca : Mau tau siapa yg sering intip facebook Mu? ini caranya

3. Setting APN Tidak Sesuai

Silahkan cari pengaturan APN pada ponsel. Letak pengaturan APN masing-masing ponsel berbeda lokasinya. Biasanya pengaturan APN terletak di Pengaturan > Sim Ganda & Data Seluler > Pilih Simcard > Pilih APN (Access Point Name/Nama Titik Akses). Karena pengaturan tiap ponsel berbeda maka silahkan disesuaikan saja. Pastikan data yang terisi didalam kolom APN adalah APN asli dari Telkomsel.

APN ini sangat sensitif, oleh karena itu silahkan teliti dengan benar apakah APN tersebut adalah APN telkomsel. Berikut ini adalah pengaturan default APN dari telkomsel.
NoFieldIsi Data
1NamaTelkomsel GPRS (Ini hanya sebuah penamaan, Boleh bebas sesuka hati)
2APNinternet
3ProxyTidak disetel (dikosongin)
4PortTidak disetel (dikosongin)
5Nama Penggunawap
6Sandiwap123
7ServerTidak disetel (kosongin)
8MMSCTidak disetel (kosongin)
9Nomor PPPTidak disetel (kosongin)
10Proxy MMSTidak disetel (kosongin)
11Port MMSTidak disetel (kosongin)
12MCC510
13MNC10
14Jenis OtorisasiTidak disetel (kosongin)
15Jenis APNdefault,supl
16Protokol APNIPv4
17Protokol Roaming APNIPv4

Baca : Kelakuan parah sales IndiHome di Teluk Betung Lampung

4. Browser Penuh Sampah

Setiap ketikan yang ente masukan kedalam browser akan secara otomatis disimpan oleh browser berupa file log yang nantinya akan menjadi list data seperti :
  • Riwayat jelajah
  • Riwayat download
  • Cookie
  • Data plugin
  • Cache
  • Sandi
  • Data auto complete
  • Data aplikasi yang dihosting
  • Lisensi media
  • dll.
Data tersebut semakin lama semakin membesar (sesuai frekuensi ente menggunakan internet). Jika data tersebut tidak secara berkala dihapus maka dapat membebani browser sehingga koneksi menjadi tidak stabil.

Ane sarankan ente beralih browser ke google chrome aja, karena google crome memiliki beberapa fitur yang sangat lengkap dengan beban memory proses yang cukup rendah sehingga dapat mempercepat koneksi ente. Selain itu google chrome juga lebih aman dalam melakukan penjelajahan web sehingga akan terjauhkan dari ancaman virus yang dapat mencuri data ente seperti password dll.

Nb : Terkadang browser yang tidak terpercaya sudah tertanam aplikasi yang merugikan bagi kita (misal : spyware yang dapat memantau aktivitas ente serta dapat mencuri data sensitif seperti password).

Baca : Kenapa Hp Cepat Panas? ini Cara Atasi Penyebabnya

5. Ponsel Penuh Sampah

Tak hanya browser saja yang memiliki sampah masyarakat. Ponsel Ente pun jika semakin lama digunakan maka akan menyimpan file-file yang mungkin sudah usang atau tidak terpakai. Penumpukan file yang tidak terpakai inilah yang sering disebut file sampah sehingga menjadikan ponsel akan bekerja lebih keras sehingga jaringan menjadi lelet banget.

Sebenarnya sistem menumpuk data segitu banyak juga memiliki maksud yang baik, penumpukan data dilakukan oleh sistem agar proses yang dibutuhkan saat mengelola aplikasi dapat berlangsung lebih cepat. Namun terkadang file ini sering corrupt (error) sehingga file tidak terhapus ketika aplikasi sudah tidak digunakan.

Cara Perbaiki

Untuk memperbaikinya gampang sekali. Cukup beberapa langkah maka jaringan akan menjadi lebih cepat dari sebelumnya. Untuk tutorial lengkapnya silahkan kunjungi halaman berikut :

Cara Mengatasi Internet Lemot Telkomsel Agar Lebih Cepat

Itulah alasan kenapa Jaringan Telkomsel Lemot di Android. Dengan mengetahui masalah seperti diatas maka kita dapat menyimpulkan bagaimana cara untuk memperbaiki koneksi kita sehingga tidak terjadi masalah kembali. Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman dari penulis jadi jika ada sesuatu yang kurang pas atau terjadi kendala mohon untuk hubungi admin secara langsung.