Fungsi Tag DIV Pada Html disertai Contoh

Fungsi Tag DIV Pada Html disertai Contoh
(Fungsi Tag DIV Pada Html disertai Contoh)
Dalam membangun  sebuah website para developer sering kali menggunakan DIV ketika membuat halaman web nya.  Tag ini merupakan tag yang sangat sederhana dan sangat fleksibel untuk digunakan dalam kondisi apa pun. Lalu Apa Fungsi tag DIV pada html yang sebenarnya? Apakah tag ini sangat penting sehingga hampir semua developer menggunakan tag ini di halaman web milik nya? Mari kita ulas pelan-pelan tentang elemen ini agar mudah untuk dipahami sehingga kita akan di mudahkan dalam membuat desain tampilan halaman web.

Pengertian DIV

Div adalah tag elemen dasar html yang belum diberikan aturan khusus (masih netral) namun telah ditambahkan satu efek yaitu block, sehingga jika div diterapkan dalam membuat  tampilan tanpa menambahkan pengaturan maka apapun yang ada ditengah elemen ini akan secara otomatis menjadi block dengan linebreaks sebelum dan sesudahnya.

Menurut ane elemen ini merupakan elemen yang sangat fleksibel sehingga dapat kita ubah sesuka hati kita. Efek ini dapat kita gunakan untuk mempercantik tampilan dengan menambahkan menambahkan css dalam tag div, css tag head, atau css terpisah dari halaman yang kita buat.

Apa Fungsi DIV Pada Html?

Div merupakan tag multi fungsi yang dapat kita gunakan sesuai kebutuhan kita. Pasalnya tag ini mampu di manipulasi hingga seperti tag lain. Misal mengubah tag div menjadi text field, text area, button, dan lain-lain serta kita juga dapat mengubahnya menjadi efek tertentu seperti bentuk bangun (lingkaran, oval, persegi, segitiga dll), slide image, slide text, slide menu dan lain-lain.
Tag di juga sering digunakan oleh para programmer untuk membatasi bagian satu dengan bagian yang lain, oleh karena itu tag ini sangat populer di halaman web. Hampir semua halaman web menggunakan tag ini. Jika ingin melihatnya ente bisa menekan CTR+U atau ketik view-source:url-halaman-yang-ingin-di-lihat di address bar browser lalu tekan go atau Enter.

Misal untuk melihat koding halaman ini dapat mengitik :
view-source:http://www.dikaseba.id/2017/09/fungsi-div.html

Lalu perhatikan koding yang tampil. Bahasa markah yang digunakan  kebanyakan adalah DIV yang kemudian di manipulasi oleh kode css.

Kapan Tag DIV Digunakan?

Karena tag ini merupakan tag yang sangat fleksibel, maka kita dapat menggunakannya dalam kondisi apa pun. Misalnya ketika kita membagi halaman menjadi beberapa bagian sehingga akan tampak lokasi header, footer, main(tengah), side (samping) seperti sebuah halaman web. Selanjutnya kita juga dapat menambahkan tag lain didalamnya untuk menampilkan sebuah link, gambar, text dan lain-lain.

Jika ingin menambahkan animasi seperti gerak memutar, gerak vertikal, horizontal, zoom in, zoom out, show-hide dan lain-lain, kita juga bisa memadukan nya dengan css dan javascript. Untuk lebih jelasnya kita langsung ke contoh permasalahan seperti berikut.

Contoh Penerapan DIV

Untuk penerapan nya kita langsung ke contoh saja agar lebih jelas. Berikut adalah beberapa contoh yang dapat kita pelajari dari tag div.

Efek Lubang Div dengan Css
Kunjungi

Efek Lubang Div dengan Css dan Javascript disertai dengan tombol show-hide
Kunjungi

Menggunakan div ini sebenarnya tidaklah harus, namun karena property yang ada didalamnya sangat minim maka dapat dibuat sesuai keinginan kit. Inilah alasan kenapa elemen ini menjadi sangat populer dalam perancangan desain html. Tak begitu banyak yang mengetahui Fungsi dan manfaat dari tag ini, Oleh karena itu ane buatkan artikel singkat yang berjudul Fungsi Tag DIV Pada Html disertai Contoh dengan harapan semoga dapat dengan mudah dipahami. Jika ada ente butuh contoh lain dari yang ane sediakan diatas silahkan kirim pesan mu di tombol kirim pesan yang ada di bawah artikel. Terimakasih.