Kenapa Hp Cepat Panas? ini Cara Atasi Penyebabnya

Kenapa Hp Cepat Panas? ini Cara Atasi Penyebabnya
(Kenapa Hp Cepat Panas? ini Cara Atasi Penyebabnya)

Banyak rekan yang mengeluhkan tentang kenapa hp cepat panas dan baterainya cepat habis. Yah, hal ini memang sangat mengganggu kenyamanan saat menggunakan ponsel kita. Sebenarnya cara untuk mengatasi hal seperti ini sangatlah mudah, namun perlu digaris bawahi bahwa cara yang kita gunakan harus sesuai dengan kondisi Smartphone kita. Berikut adalah beberapa tips gampang yang bisa Ente gunakan untuk mendinginkan gadget Ente.

Hindari Penggunaan Berlebihan

Kurangi durasi pemakaian ponsel Ente gan, karena ponsel juga perlu istirahat. Penggunaan Smartpone yang berlebihan dapat membuat ia Panas. Inget gan! Hp juga butuh istirahat. Coba Ente bayangin gan! Ente disuruh kerja terus-menerus tanpa istirahat, bisa-bisa ente tepar kan? sakit, trus di bawa ke dokter. Sama aja, ponsel juga gitu. Kalo ente ajak lemburan terus, bisa rusak lalu terpaksa deh masuk ke tempat service. Ujunge duet meneh.

Baca : Cara Melihat Wajah Kita di Masa Depan-Aplikasi Prediksi

Gunakan Timer On Off Otomatis

Yah ini harus Ente terapin, karena ponsel kita bekerja hampir seumur hidup. Hp selalu bekerja sekalipun ente tidak menggunakannya, contoh simpel nya seperti pengiriman dan penerimaan tread dari operator.

Hal ini bertujuan agar ketika ada yang menelepon atau sms dapat diterima oleh ponsel Ente. Atau standby aplikasi seperti  facebook, line, WA dll. Dia tidak berhenti bekerja kecuali dia dalam keadaan mati total.  Untuk para mantan Hp saya yaitu Xiaomi, Oppo, Asus, dan samsung, mereka sudah ada layanan untuk mengatur on off ponsel. Jadi hal ini bisa ente coba.

Untuk merek ponsel yang tidak ane sebutin coba ente cari di pengaturan siapa tahu ada juga. Jika memang tidak ada, jangan khawatir kan ada cara manual :D

Baca : Mau tau siapa yg sering intip facebook Mu? ini caranya

Hindari Mode Tinggi

Maksudnya yaitu jangan overclock ponsel ente gan. Overclock yang ane maksud adalah pengaturan ponsel dengan mode high quality agar CPU ponsel bekerja maksimal atau bahkan mengaturnya hingga menjadi 30% lebih tinggi dari mode maksimal. Hal ini akan membuat Processor ente bekerja lebih keras sehingga akan menimbulkan panas yang luar biasa.


Cek Task Aplikasi

Coba agan cek kembali aplikasi-aplikasi yang berjalan dibalik layar. Karena hal ini sangat berpengaruh pada RAM agan terlebih kalau RAM agan minim size. Tutup aplikasi yang agan rasa tidak terlalu penting. Jika agan ingin bermain game, agan bisa KILL terlebih dahulu aplikasi yang lain. Hal ini sepele tapi sangat manjur.

Baca : Kenapa indosat lemot banget? ini penyebab dan solusi nya

Hindari penggunaan saat di-Charge

Sebaiknya jika agan ingin charge ponsel, fokuskan ponsel hanya untuk charge saja. Karena jika Agan menggunakan ponsel sambil di charge akan membuat ponsel Anda bekerja keras pada perangkat baterai. Selain menimbulkan panas kondisi ini juga akan memperpendek masa pakai baterai Ente. Baterai ente bisa cepat habis alias nge-drop alias boros! Al hasil dompet ente juga ikut-ikutan boros! karena baterai ente akan segera rusak.

Gunakan Charge Original

Selain poin diatas, poin ini juga harus diperhatikan. Penggunaan charge yang tidak sesuai dengan vendor juga akan mempengaruhi kinerja ponsel, terlebih pada baterai Ente. Gunakanlah chage ponsel sesuai dengan original ponsel Ente. Jadi jangan charge ponsel ente selain charge  aslianya apalagi dengan charge  laptop. Bahaya!

Baca : Kelakuan parah sales IndiHome di Teluk Betung Lampung

Cek Kondisi baterai

Selalu perhatikan kesehatan baterai. karena selain cpu, baterai juga penyumbang panas yang lumayan besar pada saat ponsel bekerja. Pastikan baterai yang agan gunakan adalah baterai original vendor. jangan pasang yang bukan pasangannya :D
Walaupun terkadang enak, namun sesuatu yang dipaksa itu tidak baik . Jadi ikutin aturan yang wajar ya gan. Jika baterai sudah mulai kembung alias bunting, segera carikan pengganti yang baru. Jangan terlalu setia dengan baterai.

Hindari Tethering Berlebihan

Menurut ane Tethering memang sangat penting (karena yang gratis itu nikmat) namun perlu agan pikirkan kembali, karena penggunaan belebihan akan berpengaruh buruk pada ponsel. Saat Tethering (berbagi koneksi internet) berlangsung ponsel kita akan bekerja keras demi memuaskan ente :D jadi, sesering mungkin istirahatkan ponsel Ente.

Baca : 14 Utility Free Penting dan Wajib Untuk PC Ente

Pilih Jaringan yang Tepat

Jaringan tidak stabil alias naik turun juga tidak baik. Karena perangkat akan bekerja lebih keras demi mendapatkan sinyal. jadi, pilihlah jaringan yang memang sudah teruji ke-stabilan sinyal nya. Karena jika tidak, proses naik turun sinyal ini dapat membuat badan ponsel menjadi panas dengan sekala yang lumayan besar.

Perhatikan Lingkungan

Panas yang tibul sebenarnya tidak hanya berasal dari badan ponsel, namun faktor eksternal juga seperti lingkungan. So, perhatikan lingkungan ente saat menggunakan ponsel. Hindari pemakaian ponsel di tempat-tempat panas seperti dibawah terik matahari, di ruang yang pengap dll. Dan yang paling penting jangan gunakan ponsel di dalam oven. Bahaya!
Selain itu, jangan merebahkan ponsel dialas yang salah sehingga memicu panas ponsel seperti diatas televisi, radio, CPU komputer apalagi kompor! jangan!

Baca : IndiHome minta maaf dilaporkan sebagai penipu & pemaksa

PENTING !

Anggap ponsel itu Adalah PACAR Ente

- Perlakukan dengan hati
- Jaga dia
- Jangan biarkan Ia kotor
- Charge dia dengan benar
- Beri waktu ia untuk menyendiri karena ia butuh istirahat juga
- Jangan di marahin ketika ponsel tidak sesuai dengan apa yang ente mau
- Jangan buat ia Nangis karena ente pukulin
- Ingat! Nanti ente bakal nyesel kalo ada orang lain yang menghapus air matanya.

#akunelongso :v

Semoga uaraian tentang cara atasi android yang mudah panas diatas dapat membantu mengatasi masalah pada ponsel ente. Jangan lupa tinggalin jejak ya tong :v karena 1 komen ente adalah sejuta semangat buat ane hahaha.