Siapa yang mendirikan Google? ini penemu dan penciptanya

Siapa yang mendirikan Google? ini penemu dan penciptanya
(Siapa yang mendirikan Google? ini penemu dan penciptanya)

Dewasa ini rasanya susah untuk lepas dari perusahaan yang sangat cerdas ini. Ya google, hampir setiap hari kita menggunakan layanan jasa dari perusahaan ini. Namun apakan Anda tahu siapa yang mendirikan perusahaan yang menjadi raja dunia maya ini. Tak disangka, Perusahaan yang kini menjadi bintang dunia maya ternyata berasal dari kamar kecil mahasiswa di sebuah Asrama. Kelahiran Nya berawal dari sebuah pertemuan dua pemuda yaitu Larry Page dan Sergey Brin. Berikut cerita selengkapnya.

Awal Cerita Sejarah Google

Di tahun 1995 dalam program Ph.D. Ilmu Komputer di Universitas Stanford Larry page bertemu dengan seorang siswa bernama Sergey Brin yang saat itu bertugas sebagai pengantar keliling. Dalam pertemuannya, Larry dan Sergey sering membahas berbagai topik pembicaraan dan tak jarang terjadi adu argumen.
Photo Larry Page dan Sergey Brin pendiri Google di Garasi Miliknya
Pendiri Google
 Larry Page (Baju kotak-kotak)
Sergey Brin (Baju Biru
Ketidak cocokan mereka ini semakin lama semakin mengarah ke topik relefansi pencarian. Kemudian satu tahun dari kejadian itu (tahun 1996) mereka sepakat untuk memadukan argumentasinya ke dalam sebuah penelitian dengan membuat mesin pencarian yang di beri nama BackRub.

Baca Juga : Mau tau siapa yg sering intip facebook Mu? ini caranya

Asal Usul BackRub

Backrub adalah penamaan yang mereka berikan untuk mesin pencarinya. Kata backRub berasal dari dari teknik yang mereka gunakan yaitu memanfaatkan sistem Backlink untuk menentukan pentingnya suatu halaman website. Mesin pencari BackRub dapat menganalisis secara matematik dengan pemberian nilai di masing-masing halaman website yang berbeda sehingga dapat menentukan hasil berupa urutan list halaman website dari nilai tertinggi (berada diatas) dan terendah (berada dibawah). Hal ini di tujukan untuk membuat mesin pencarian yang paling relefan sesuai dengan kata kunci.

Baca : Ponsel Android Ente cepat panas? Ini Solusi mudahnya

BackRub Berubah Nama

BackRub diubah nama menjadi Google (Phew) setelah manfaatnya dirasakan oleh berbagai kampus di Amerika Serikat. Nama ini merupakan plesetan dari angka matematik yaitu angka 1 yang diikuti oleh 100 angka nol dibelakangnya serta pengekspresian misi Larry dan Sergey untuk mengatur sebuah informasi yang ada di dunia serta membuat informasi tersebut berguna dan dapat diakses secara universal.

Baca Juga : Kenapa indosat lemot banget? ini penyebab dan solusi nya

Kapan Google didirikan?

Google Resmi menjadi Kantor kantor kecil di kota Menlo Park
Google Resmi menjadi Kantor
di kota Menlo Park
Hasil kerja keras mereka kini mendapat lirikan para investor. Pada tahun 1998 Sun co-founder Andy Bechtolsheim memberikan cek kepada Larry dan Sergey sebesar $ 100,000 atau setara dengan Rp 13.332.000.000 (krus indonesia februari 2017). Dengan suntikan dana yang semakin banyak akhirnya nama Google pun diresmikan dan berdiri di sebuah kantor kecil di kota Menlo Park daerah California milik Susan Wojcicki (saat ini menjadi CEO Youtube).
Penyusunan kantor pun dibuat sangat unik hingga nampak bukan layaknya kantor pada umumnya. Budaya semacam ini pun tetap dilestarikan hingga sekarang. Bahkan pernah diumumkannya melalui server Lego nya dalam bentuk gambar doodle ke pada pengguna yang mengartikan bahwa seluruh karyawan sedang bermain di Burning Man Festival.

Baca Juga : Cara Melihat Wajah Kita di Masa Depan-Aplikasi Prediksi

Kantor Kecil Berubah Menjadi Perusahaan

Perusahaan google tampak Atas
Perusahaan Google tampak Atas
(sumber : Bernard Andre)
Demi memperluas jangkauan akhirnya mereka membuat sebuah tim dari beberapa pakar untuk pengembangan dan pemasaran produk-produknya. Perusahaan pertama yang tergabung adalah Yoshaka. Dengan kemajuannya yang pesat, kini perusahaan semakin memperluas gedungnya.

Ruang kerja Google Unik Penuh warna layaknya tempat bermain
Ruang kerja Google Unik
layaknya tempat bermain
Dalam penataan ruangan pun di buat se-unik mungkin bahkan nampak seperti gedung wisata. Hal ini bertujuan agar pekerja tidak merasa bosan sehingga dapat menuangkan ide-ide kreatifnya. Karyawan pun bertambah hingga saat ini tercatat lebih dari 5000 orang yang dipilih dari 50 Negara.

Produk Internet Google

Prestasinya kini semakin melonjak hingga menghasilkan ratusan produk internet untuk para pengguna baik versi gratis maupun versi berbayar. Produk internet ini di kelompokan menjadi 3 kategori besar, yaitu : pengguna umum, bisnis dan para pengembang.

Seiring berjalannya waktu perusahaan ini selalu berusaha semaksimal mungkin demi kenyamanan para pengguna. Tak heran, sering kali Ia mengganti logo dan tampilannya. Hal ini bertujuan semata hanya untuk membuat suatu produk jasa yang friendly.