Kenapa indosat lemot banget? ini penyebab dan solusi nya

Kenapa indosat lemot banget? ini penyebab dan solusi nya
(Kenapa indosat lemot banget? ini penyebab dan solusi nya)

Koneksi ente Lemot gan??? Hahaha sama....
Gak cuma koneksi kita aja yang lemot, Hampir seluruh indonesia pun ngerasa hal yang sama. Jadi kagak perlu galau, kita cari penyebab dan cara mengatasinya. Ok .... :D

Belakangan ini ane sebagai pengguna indosat merasa jengkel degan kecepatan koneksi internet yang ane punya. Lintas ucap dalam pikiran ane bahwa "Operator ini memang Lemot!".

Dengan Kecepatan kilat ane langsung pergi ke Counter terdekat beli paket layanan telekomunikasi lain (Ane coba pake Telkomsel). Sampai rumah ane tanya mbah Google Dugel mengenai operator indosat yang saat ini menjadi sangat lemot. Dan ternyata koneksi lemot belum tentu dipengaruhi oleh layanan operator Gan !
Berikut yang ane tangkap.

10  Penyebab & Cara Mengatasi Indosat Lemot


1. Perangkat hanya mendukung jaringan tertentu 

Silahkan cek kembali perangkat ente sebelum membeli paket data di counter. Jaringan perangkat yang ane maksud adalah : apakah perangkat ente mendukung 2G, 3G,4G atau 5G. Jika perangkat ente hanya mendukung 3G maka jangan beli paket 4G (biasanya indosat membagi paket antara 3G dan 4G).
Jika ente menggunakan paket 4G sedangkan daerah ente hanya menjangkau jaringan 3G, alhasil koneksi Ente pun terhambat.

Cara Mengatasi :

Cara mengatasinya gampang gan !
Silahkan datang ke Counter terdekat terus bilang "Mbak beli Hp 4G" hehehe becanda gan.
Untuk mengatasinya silahkan beli paket data sesuai dengan jaringan di perangkat ente.

Baca : Kenapa Hp Cepat Panas? ini Cara Atasi Penyebabnya

2. Pengaturan Jaringan Salah

Ane anggap perangkat ente mendukung jaringan 4G dan daerah ente sudah terjangkau jaringan 4G. Perlu diketahui bahwa pemilihan jaringan biasanya ada dua tipe. ada yang sudah ter-setting otomatis di perangkat ada pula yang harus di setting manual. Silahkan cek pengaturan jaringan di perangkat ente.

Jika jaringan di setting dengan pilihan "Otomatis" maka perangkat ente akan menganti secara berkala untuk menentukan jaringan mana yang akan digunakan. Hal ini akan membutuhkan waktu bagi perangkat untuk melakukan singkronisasi pengaturan. Alhasil? terjadi penundaan koneksi.

Dari pengalaman ane yang sudah-sudah, Ane jarang sekali menggunakan mode otomatis. Ane lebih suka mengatur jaringan dengan mode manual.


Cara Mengatasi :

Entah perangkat ane yang kurang pintar atau memang pengaturannya harus manual (masih jadi misteri). Namun kalau menurut pengalaman ane, Lebih baik ente beli paketan yang double (3G dan 4G). Dan pengaturan jaringan di buat Manual saja dengan cara pindah jaringan dari 3G ke 4G atau sebaliknya dari 4G ke 3G. Dengan cara itu, koneksi yang ane rasakan sangat jauh berbeda.
(cara pengaturan jaringan setiap perangkat berbeda).

Mungkin hal ini terjadi karena para pengguna 3G dan 4G memiliki puncak kepadatan yang berbeda. Jika puncak pengguna 3G dan 4G berada diwaktu yang sama gimana? SABAR (-_-

Baca : Siapa yang mendirikan Google? ini penemu dan penciptanya

3. Pengaturan APN belum tepat

Access Point Name atau yang sering disingkat menjadi APN Adalah sebuah penghubung dalam jaringan yang berfungsi sebagai pengidentifikasian data jaringan ketika akan menghubungkan suatu perangkat ke internet.

Enaknya gini gan buat jelasinnya,
Misalkan ente mau ketemu sama Petinggi Negara.
Pasti sebelum memasuki istana negara, ente dimintai data yang valid oleh tim keamanan untuk memastikan bahwa ente kagak aneh-aneh disono.
Kalo data ente gak jelas keasliannya, maka dapat dipastikan ente gak bisa ketemu sama Petinggi Negara.
Kurang lebih APN fungsinya sama kaya tim keamanan diatas.

Cara mengatasi :

Isikan data APN Indosat di perangkat ente :
  • Profil Name: Indosat GPRS (bebas sesuai keinginan)
  • APN: indosatgprs
  • Username: indosat
  • Password: indosat
  • Dial Number: *99# (Jika Ada)
Jika ente pengguna Modem, coba ente masuk ke pengaturan modemnya. Disana ada pengaturan profil. Atur pengaturan profil ente dengan APN indosat diatas.

Untuk pengguna Android sama aja, silahkan masuk ke mode pengaturan jaringan ente. Cari pengaturan APN, kemudian masukan data APN indosat sesuai dengan data diatas.

4. Paket data salah Beli

Hati-hati jika ingin membeli paket internet murah di Counter. Degan ilmu marketing yang di miliki, mereka mampu membuat ente hilang kendali. Seringkali terjadi seperti berikut :
  • Yang tadinya niat gak beli jadi pengen beli
  • Yang tadinya Niat beli pulsa jadi beli paket internet
  • Yang tadinya Niat beli 3G Malah beli 4G.
  • dll (pengalaman ane gan hehe).
Jadi jangan sampai nyesel kitika sudah sampai rumah, OK!
Sebelum berangkat ke counter dipikir dulu mau beli apa...
Misal,
Jika perangkat ente mendukung 4G. Maka sebelum membeli paket data pastikan jaringan 4G sudah menjangkau daerah ente. Jika belum lebih baik ente beli paket 3G saja, karena biasanya perangkat yang support 4G juga mendukung untuk jaringan 3G.

Cara Mengatasi :

Jika sudah terlanjur salah beli paket gimana?
Gampang gan,

Bawa kartu paketan ente ke ke rumah ane terus pasang di perangkat ane hihihi (becanda gan).
Jika sudah terlanjur beli paket yang salah maka jual aja ke temen terdekat ente yang perangkatnya sesuai. Lumayan kan duitnya bisa buat beli paket lagi.

Baca : Mau tau siapa yg sering intip facebook Mu? ini caranya

5. Data penjelajah di browser penuh sampah

Saat berselancar di dunia maya setiap browser akan menyimpan data penjelah ente secara otomatis. Tujuan dari browser tersebut adalah untuk memaksimalkan kecepatan loading page, loading aplikasi, pengisian data dll. Namun hal ini akan memperlambat koneksi apabila ente tidak melakukan pembersihan secara berkala. Data penjelajah yang biasanya di simpan oleh browser secara otomatis adalah :
  • Riwayat jelajah
  • Riwayat download
  • Cookie
  • Data plugin
  • Cache
  • Sandi
  • Data auto complete
  • Data aplikasi yang dihosting
  • Lisensi media.

Cara mengatasi :

Jika Ente pengguna Komputer Desktop atau Komputer Jinjing (Laptop).
  • > Buka Browser ente
    > Klik tombol Ctrl+Shift+Del
    > Ubah rentan Waktu menjadi Awal Waktu
    > Klik Hapus Data penjelajah
  • Cara lain yaitu Buka Browser ente
    > masuk ke mode Pengaturan
    > pilih menu Hapus Data Penjelajah (atau yang mendekati Hapus Data Penjelajah)
    > Ubah rentan Waktu menjadi Awal Waktu
    > Klik Hapus Data penjelajah.
Jika Ente pengguna Android / Ponsel lainnya
  • > Buka Browser Ente
    > Buka menu Pengaturan
    > Pilih Privasi
    > Klik Hapus Data Penjelajah (Letak nya berada di menu paling bawah)
    > Ubah rentan Waktu menjadi Awal Waktu
    > Klik Hapus Data.
Note:
Praktek yang ane lakukan diatas menggunakan browser google chrome pada komputer windows 7 dan google chrome pada android.

Baca : Cara Melihat Wajah Kita di Masa Depan-Aplikasi Prediksi

6. Sistem Perangkat Penuh Sampah

Coba ente cek Sampah masyarakat yang ada di dalam perangkat ente. banyaknya sampah ini akan mempengaruhi kinerja perangkat. Alhasil, browser ente lambat dan koneksi pun ikut lambat.

Hapus semua temporary file yang ada, karena file ini cukup meresahkan kinerja perangkat. Temporary file hanya berfungsi sementara, ketika perangkat melakukan suatu pekerjaan secara otomatis temporary file ini akan muncul. Jadi, jika ente menghapus temporary file maka tidak akan merusak sistem. Perbaiki registri ente yang rusak, hapus regristri file yang sudah usang (tidak digunakan lagi). Walaupun file ini sangat kecil tapi dalam pengoprasian perangkat dapat mempengaruhi kinerja sistem.

Cara mengatasi :

Selain dari kedua hal diatas masih banyak lagi yang harus di bersihkan yaitu lebih dari 25 kategori sampah (kalo dibahas satu persatu gak kelar artikel ane). Tapi tenang, sekarang sudah ada aplikasi gratis untuk mengatasi semua ini. Hanya tinggal satu kali klik dan tunggu beberapa menit, perangkat ente sudah fresh kembali. Aplikasi yang ane rekomendasikan yaitu CCleaner.

7. Indonesia Peringkat #5 Pengguna Internet di Dunia 

Kemungkinan selanjutnya penyebab koneksi internet ente lambat adalah Lemahnya Operator. Hal ini dikarenakan banyaknya pengguna yang semakin hari semakin bertambah sehingga membuat para penyedia layanan komunikasi pun mengalami kendala dalam penanganan beban server.

Saat ini negara kita memang masuk kedalam nominasi pengguna internet terbesar didunia. Tercatat di dalam harian Kominfo bahwa pengguna internet indonesia sudah masuk nomor 6 di dunia. Data statistik yang disertakannya pun menunjukan pada tahun 2014 mencapai 83,7 juta pengguna.

Pada 30 Juni 2016 lalu tercatat dalam internet world Stats Negara Indonesia meraih peringkat 5 dari seluruh dunia. Berikut adalah data dari 20 Negara yang ane ambil dari Internet World Stats.

721.4 462.1 286.9 139.1 132.7 115.1 103.1 97.2 71.7 China India United States Brazil Indonesia Japan Russia Nigeria germany

Cara Mengatasinya :

Untuk mengatasi penyebab ini Ente harus bersabar hehehe.... Tapi tenang indosat sekarang sudah pindah ke Indosat Ooredoo, Jadi cukup duduk manis dan tunggu pembaruan dari Provider karena secara bertahap semua masalah akan di perbaiki.

Baca : Kelakuan parah sales IndiHome di Teluk Betung Lampung

8. Banyaknya Pengguna Indosat di banding operator Lain

Karena banyaknya pengguna operator indosat jadi ente kagak kebagian koneksinya (kali-kali aja pendapat ane bener kan?). Kemarin ane coba ngobrol sama mbah gugel, ane tanya kenapa akhir-akhir ini internet ane kok lemot. Katanya ane suruh cek setatistik pengguna layanan telekomunikasi. Eh setelah ane liat ternyata pelanggan indosat saat ini sudah mencapai 80.500.000 pengguna.  Ett dah, banyak amat yak.

Coba liat data ranking pengguna internet yang ane tulis diatas. Dari data tersebut kalau ane hitung-hitung berarti indosat mengambil presentase lumayan besar yakni 31,2% dari pengguna seluruh Indonesia (sisanya dibagi-bagi sama operator lain). Dari sini Ane baru sadar ternyata beban operator lebih berat dari pada beban hidup ane haha.

Cara mengatasi :

Cara mengatasi untuk poin ini ente bisa menggunakan diagram jam sibuk yang ane masukin ke poin di bawah.

Baca : Kenapa BBM Menyambungkan? Yuk kita Atasi

9. Menggunakan Internet di Jam Sibuk

Kemungkinan yang ini bukan dari pihak operator, tapi dari ente sendiri gan. Mungkin waktu ente gunain internet masuk kedalam jam-jam sibuknya operator. Banyaknya perusahaan yang berkembang saat ini tak jarang dari mereka sudah menggunakan teknologi canggih yang peng-oprasian aplikasinya menggunakan internet. Jadi untuk penyebab kali ini kita harus paham dimana letak waktu-waktu sibuk itu. Berikut ane sertakan waktu-waktu sibuknya operator karena faktor pengguna.

00:00 - 00:59 01:00 - 01:59 02:00 - 02:59 03:00 - 03:59 04:00 - 04:59 05:00 - 05:59 06:00 - 06:59 07:00 - 07:59 08:00 - 08:59 09:00 - 09:59 10:00 - 10:59 11:00 - 11:59 12:00 - 12:59 13:00 - 13:59 14:00 - 14:59 15:00 - 15:59 16:00 - 16:59 17:00 - 17:59 18:00 - 18:59 19:00 - 19:59 20:00 - 20:59 21:00 - 21:59 22:00 - 22:59 23:00 - 23:59 3.04% 2.32% 1.72% 1.22% 0.88% 0.70% 0.65% 0.89% 1.84% 3.59% 5.56% 7.17% 7.59% 6.85% 7.56% 7.94% 7.70% 6.84% 5.12% 4.11% 4.33% 4.46% 4.25% 3.65%

Cara Mengatasinya :

Untuk mengatasi masalah di poin ini sangat mudah, silahkan ente perhatikan grafik yang ane buat diatas. Berikut keterangannya :
  • Warna Hijau artinya Jumlah kepadatan pengguna : Rendah.
  • Warna Kuning artinya Jumlah Kepadatan pengguna : Sedang
  • Warna Merah artinya Jumlah Kepadatan pengguna : Tinggi
Dari diagram diatas dapat disimpulkan bahwa : Jika ente ingin koneksi full speed dari segi persaingan pengguna maka hindari waktu yang berwarna merah dan pilih waktu yang warna hijau (Jam kalong). Kalau rekomendasi dari ane mendingan ente pilih yang warna kuning, karena waktu yang berwarna kuning adalah waktu dimana kita masih bisa bersantai.
(ane rekomendasikan untuk pengguna personal saja)

10. Penyebab Terakhir Yang Paling Utama

"FF" Mungkin penyebab terakhir yang selama ini menjadikan koneksi ente selalu lelet.

Cara mengatasi :

Cobalah merenungkan diri gan hehehe...
Peace gan ...